Jumat, 19 April 2013

Teknologi Hijau ala Daihatsu


Perubahan taraf hidup dan pertumbuhan ekonomi yang tumbuh cukup pesat memberi peran yang cukup besar akan kebutuhan masyarakat terhadap mobil. Tiap tahun jumlah mobil di Indonesia bertambah banyak. Sayangnya kebanyakan mobil yang ada dijalanan sekarang masih menggunakan teknologi yang tidak ramah lingkungan. Hal ini berakibat pada makin meningkatnya polusi disekitar kita. Tidak itu saja pemakaian bahan bakar yang boros juga menjadi penyebab makin bertambahnya konsumsi bahan bakar minyak. Padahal kita tahu BBM adalah sumber energi yang tidak terbarukan.

Daihatsu sebagai salah satu produsen mobil global yang terpercaya dan mempunyai perkembangan yang potensial di Indonesia berkomitmen terhadap teknologi hijau pada produk-produknya dimasa depan. Dengan teknologi hijau diharapkan mobil keluaran Daihatsu akan turut serta dalam melestarikan lingkungan. Sebenarnya ini juga terlihat juga pada produk2 mobil unggulannya yang sekarang sudah beredar dimana mobil produk Daihatsu sudah mempunyai standar pembuangan asap mobil yang rendah emisi demikian juga dengan konsumsi bahan bakar minyak relatif lebih irit. 

Bagaimana teknologi hijau pada mobil ala Daihatsu ini?

Ada 3 langkah inovasi teknologi hijau yang bakalan diusung oleh Daihatsu untuk produk mobilnya dimasa depan yaitu :

1. Teknologi "Eco-IDLE"


Sistem ‘Eco-IDLE’ yang mampu mengatur hidup  dan mati mesin secara otomatis dalam keadaan macet atau ketika berhenti di lampu lalu lintas untuk mencapai efisiensi konsumsi bahan bakar dengan didukung sistem i-EGR mampu menghasilkan pembakaran sempurna dan meminimalkan gas CO2.
Pada langkah pertama ini diharapkan terjadi efisiensi pembakaran, penghematan penggunaan bahan bakar dan mengurangi polusi dengan meminimalkan gas CO2. Apalagi langkah ini didiukung pula dengan melakukan perubahan pada bobot mobil yang lebih ringan tanpa mengurangi tingkat keselamatan tentunya.

2. mesin 2 Cylinder Turbocharged  Direct Injection


Langkah kedua adalah penggunaan mesin 2 silinder turbocharged direct injection yang memiliki komponen yang lebih sedikit,sehingga lebih ringan dan menggunakan sumber daya alam yang lebih sedikit. Penggunaan mesin dengan 2 silinder berarti bahan bakar dapat terbakar secara efektif yang akan meningkatkan efisiensi bahan bakar secara permanen. 
Dengan ditunjang "Active Ignition System" dan berbagai Improvement lainnya, untuk mencapai tingkat efisiensi bahan bakar lebih dari 30% dibandingkan mesin-mesin Daihatsu saat ini. Dengan menggunakan sistem turbo, makin mewujudkan kenyamanan berkendara dan efisiensi bahan bakar walau menggunakan mesin ber-cc rendah.

3. Precious Metal Free Liquid Feed Fuel Cell (PMfLFC)

Precious metal free berarti bahan pembuatan kendaraan ini menggunakan sumber daya alam yang lebih sedikit, tidak mengandung logam mulia, sehingga biaya yang dikeluarkan lebih rendah. Dengan fokus penggunaan pada bahan bakar baru hidrazin hidrat cair (N2H4 H2O) yang terbuat dari nitrogen dan hidrogen. Zat ini memiliki kepadatan yang energi yang tinggi dan tidak menghasilkan CO2. Zat ini adalah bahan bakar cair yang tepat untuk mobil ramah lingkungan generasi baru. Sehingga pada tahap ini diharapkan benar2 emisi CO2 adalah nol dan mempunyai jarak tempuh yang lebih jauh dibandingkan teknologi fuel cell lain.

Ketiga langkah diatas merupakan wujud komitmen Daihatsu untuk menghadirkan kendaraan yang kompak, ramah lingkungan dan dengan harga yang terjangkau dan ini sudah diwujudkan dalam mobil konsep yang dibuatnya. Daihatsu memang selalu berinovasi untuk masa depan yang lebih baik. Kita tunggu produk2 Daihatsu dimasa depan.
GO GREEN , selamatkan lingkungan anda, gunakan selalu produk ramah lingkungan seperti yang digagas oleh Daihatsu. Bagaimana dengan anda?

8 komentar:

  1. salam kompetisi :)

    follow dan kunjungi http://rezgina.blogspot.com :)
    trimakasih :)

    BalasHapus
  2. teknologi hijaunya mantap ini

    BalasHapus
  3. artikel ulasannya keren, keep blogging dan salam kompetisi. dtunggu kunjungan baliknya ya...! trims :)

    http://achriyadi.blogdetik.com/2013/04/19/teknologi-hijau-persembahan-daihatsu-untuk-bumi-yang-lebih-baik-lagi/

    BalasHapus
  4. Sipp ;) semangat blogger
    Saling bertukar wawasan nih.
    Visit myblog >>> http://cocoper6-cocoper6.blogspot.com

    BalasHapus
  5. Ulasannya lugas dan jelas gan….Keep Blogging & selamat berkompetisi ^_^

    Mampir di pondok ane ya, Trims :)

    http://lifeexpeditionblog.blogspot.com/2013/04/manusia-dan-teknologi-hijau.html

    BalasHapus
  6. Komplit ulasannya.mari dukung teknologi hijau dari Daihatsu untuk bumi yang lebih baik.

    salam kenal, mampir ya di tulisanku http://windiland.blogspot.com/2013/05/teknologi-hijau-penerapan-mobil-ramah.html

    BalasHapus
  7. ulasan bagus gan. tengok juga sini ya. selamat berlomba http://rizkikukeko.blogspot.com/2013/05/wow-teknologi-hijau-daihatsu.html

    BalasHapus
  8. hai, ikutan ini juga yuks :)
    http://vanisadesfriani.blogspot.com/p/blog-page_19.html

    BalasHapus