Selasa, 23 April 2013

Katakan TIDAK untuk MIRAS


" Dulu aku suka padamu, dulu aku memang suka "
" Dulu aku gila padamu, dulu aku memang gila "
" Sebelum aku tahu kau dapat merusakkan jiwaku "
" Sebelum aku tahu kau dapat menghancurkan hidupku "

Tadi adalah sepenggal syair dari lagu "Mirasantika" dari Rhoma Irama , cukup menggambarkan mengenai bahaya minuman keras (miras) yang ada disekitar kita. Minuman Keras awalnya memang membuat badan jadi enak , pikiran jadi fresh tetapi akibat lebih jauh sangat mengerikan.

Minuman Keras merupakan minuman yang mempunyai kandungan alkohol biasanya berupa etanol. Etanol adalah bahan psikoaktif dan konsumsinya menyebabkan penurunan kesadaran. Alkohol dalam dunia kesehatan memang diperlukan sebagai sterilisasi dan untuk pembiusan dan bahkan untuk perawatan kulit tetapi bukan untuk diminum. Pada kenyataannya tidak ada satupun proses biokimiawi tubuh yang membutuhkan alkohol.

Minuman beralkohol telah merupakan bagian yang tak terpisahkan dari perjalanan panjang peradaban manusia. Dimulai dari bangsa mesir kuno percaya bahwa bouza, sejenis bir, merupakan penemuan Dewi Osiris dan merupakan makanan sekaligus minuman. Anggur juga ditemukan oleh bangsa Mesir kuno dan dipergunakan untuk perayaan atau upacara keagamaan dan sekaligus sebagai obat. Minuman Keras tradisional juga ada dibeberapa negara didunia seperti Sake diJepang atau Tuak dan Ciu di Indonesia.

Dipandang dari sudut agama Islam minuman keras dapat dikategorikan sebagai khamr yang dilarang. Karena memang lebih banyak mudharat daripada manfaatnya. Karena itu kita sebagai generasi muda penerus bangsa harus tahu akan bahayanya dari minuman Keras. Bahaya itu bisa berupa kesehatan fisik si peminum tapi juga bahaya sosial seperti tingkat kriminalitas.
 
BAHAYA MINUMAN KERAS :

Secara kesehatan mental : konsumsi minuman alkohol yang berlebihan bisa menyebabkan timbulnya ganggguan mental organik (GMO), yaitu gangguan dalam fungsi berpikir, merasakan, dan berperilaku. Hal ini disebabkan reaksi langsung alkohol pada sel-sel saraf pusat. Karena sifat adiktif alkohol itu, orang yang meminumnya lama-kelamaan tanpa sadar akan menambah takaran/dosis sampai pada dosis keracunan atau mabuk. Konsumsi Minuman Keras dalm jumlah berlebih dan jangka panjang juga dapat merusak secara permanen jaringan otak sehingga menimbulkan gangguan daya ingatan, kemampuan penilaian, kemampuan belajar dan gangguan jiwa tertentu.

Secara Kesehatan Fisik : dapat menimbulkan kerusakan hati, jantung, pangkreas dan peradangan lambung, otot syaraf dan adanya gangguan metabolisme bahkan menjadi impotensi. Bahkan terdapat bukti bahwa alkohol meningkatkan risiko kanker di beberapa bagian tubuh tertentu, termasuk: mulut, kerongkongan, tenggorokan, larynx dan hati. Alkohol memicu terjadinya kanker melalui berbagai mekanisme. Salah satunya, alkohol mengaktifkan enzim tertentu yang mampu memproduksi senyawa penyebab kanker. Alkohol dapat pula merusak DNA, sehingga sel akan berlipatganda (multiplying) secara tak terkendali.

Secara Sosial : Orang yang konsumsi minuman keras akan membuat perasaannya mudah tersinggung dan perhatian terhadap lingkungan juga terganggu, menekan pusat pengendalian diri sehingga yang bersangkutan menjadi berani dan agresif dan bila tidak terkontrol akan menimbulkan tindakan-tindakan yang melanggar norma-norma dan sikap moral yang lebih parah lagi akan dapat menimbulkan tindakan pidana atau kriminal. Ini terbukti dari beberapa kasus kriminal, banyak pelaku kejahatan yang sebelum melakukan aksi kejahatannya menenggak minuman keras terlebih dahulu. Bahkan bisa menjadi kericuhan masal seperti saat ada pesta musik dimana pengunjungnya banyak yang konsumsi miras dan akhirnya terjadi senggolan dan berakhir dengan kerusuhan.

Kenapa disini hanya membahas bahaya minuman keras? Padahal minuman keras juga mempunyai manfaat bila dikonsumsi dalam jumlah kecil. Karena adanya efek kecanduan seperti halnya pada narkotika menyebabkan konsumsi jumlah kecil itu makin lama akan menjadi makin besar. Sehingga kelamaan manfaat minuman keras akan hilang menjadi bahaya dan makin bahaya... 

Tentu tidak bisa kita hanya melihat dari satu sudut bahwa minuman keras itu berbahaya, tetapi yang penting adalah kita harus bisa mengerti bagaimana mencegah generasi muda kita untuk konsumsi minuman keras. Kebanyakan yang mengkonsumsi miras adalah karena pengaruh lingkungan dan tekanan hidup yang cukup berat sehingga dengan minum Miras diharapkan bisa melupakan problema hidupnya. Karena itu dibutuhkan peran serta masyarakat dalam mencegah miras ini. Ingat sumber gangguan sosial akibat penyakit masyarakat salah satunya penyebabnya dari Miras.

Peran Serta Masyarakat itu antara lain mensosialisasikan bahaya mengenai konsumsi minuman keras kepada lingkungan sekitarnya. Memberdayakan para generasi muda agar tidak menjadi penggangguran dan mengarahkan ke kegiatan positif. Meningkatkan pendidikan agama dan moral bagi anak2 dan generasi muda. Yang penting adalah mencegah konsumsi miras dimulai dari diri sendiri, keluarga terdekat dengan menjadikan keluarga anda sebagai keluarga yang bahagia, sakinah dan bebas masalah.     

Tetapi dari sisi lain pemerintah harus juga mulai memperketat aturan main miras ini misalkan dengan pembatasan yang ketat seperti membatasi kadar alkohol yang boleh beredar, hanya tempat khusus yang boleh menjual, membatasi orang yang beli dan yang beli harus sudah tahu resikonya, membatasi produsen miras. Dan yang jelas harus selalu mengawasi pelaksanaannya karena kita tahu pemerintah paling lemah dalam hal pelaksanaan dan pengawasan. Selain itu agar generasi muda tidak terjerumus dalam konsumsi miras, pemerintah perlu meningkatkan lowongan pekerjaan dan memperbanyak kegiatan positif untuk remaja. 

Jadi benar seperti yang dikatakan Rhomar Irama :
" gara-gara kamu orang bisa menjadi gila "
" gara-gara kamu orang bisa putus sekolah "
" gara-gara kamu orang bisa menjadi edan "
" gara-gara kamu orang kehilangan masa depan "

Karena itu mulai dari sekarang katakan TIDAK untuk MIRAS !     
 

1 komentar:

  1. Sahabat Komunitas Pejuang #AntiMiras

    Assalamu'alaikum Warahmatullaahi Wabarakatuh,

    Dalam berbagai kesempatan dialog, diskusi dan pertemuan lainnya, kita sepakat untuk menjadikan Gerakan Nasional Anti Miras adalah sebuah Gerakan Massal Masyarakat atas kesadaran terhadap bahaya latent yang diakibatkan oleh minuman beralkohol (minol) dan minuman keras (miras), khususnya bagi Anak dan Remaja di bawah 21 tahun;

    Sehubungan dengan itu, kita akan melaksanakan Traning for Trainers yg akan dipandu oleh teman2 dari @KomunitasSM dan @AntiMiras_ID , pada:

    Hari/Tgl : Sabtu-Minggu 6-7 Juli 2013
    Jam TFT : 08'00-17'00 wib
    Tempat : Rumah Damai Indonesia
    Jl H Saabun No20, Jatipadang, Margasatwa Pasar Minggu, Jakarta Selatan

    kiranya Sahabat dapat mengirimkan minimal 2 orang calon peserta, yang terlebih dahulu akan diseleksi dari data yang diisi calon peserta melalui formulir:

    http://www.mediafire.com/download/vb9pcdaiphf5p2k/FormPendaftaranTrainer.pdf

    Keikut-sertaan Sahabat dalam upaya2 Gerakan Nasional Anti Miras, InsyaALLAH akan meningkatkan kesadaran semua stake holder terhadap bahaya minol dan miras, khususnya Pemerintah dalam mengendalikan penjualannya.

    Training for Trainers Pejuang #AntiMiras - bhadiah HP Android Samsung Galaxy CHAT http://chirpstory.com/li/93088

    #BlogPost Training for Trainers Pejuang #AntiMiras

    http://antimiras.com/2013/07/training-for-trainers-pejuang-antimiras/

    Salam Sehat #AntiMiras
    @fahiraidris

    BalasHapus