Jumat, 08 Februari 2013

Transparansi untuk Panasonic Gobel Award

Panasonic Gobel Award (PGA) atau yang dahulu dikenal sebagai Panasonic Award adalah ajang penghargaan tahunan bagi insan dan program televisi terfavorit di Indonesia berdasarkan jajak pendapat yang dilakukan oleh tim independen berdasarkan polling yang ada di Masyarakat. Tahun 2012 kemarin merupakan penyelenggaraan yang ke 15, walaupun dalam 2 tahun terakhir ini diwarnai kontroversi karena adanya boikot dari salah satu group TV swasta di Indonesia.
PGA diselenggarakan oleh PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) merupakan ajang pemberian penghargaan kepada insan pertelevisian Indonesia, pemberian penghargaan ini berdasarkan suara terbanyak hasil dari jajak pendapat pemirsa televisi melalui kuesioner yang dikelola oleh panitia Panasonic Gobel Awards.

Proses jajak pendapat dilakukan melalui website, sms dan surat. Selain itu dari hasil pengisian formulir jajak pendapat yang didistribusikan secara langsung dalam berbagai kesempatan. Untuk menghindari duplikasi pemberian suara, PT Panasonic Gobel Indonesia menunjuk tabulator independent untuk melakukan validasi hasil jajak pendapat.

Pada penyelenggaraan tahun 2012 lalu PGA kembali bekerjasama dengan BDO,badan tabulator independen, yang secara sistematik melakukan perhitungan jajak pendapat pemirsa Indonesia melalui sistem one ID – one vote. Jajak pendapat tahun ini dilakukan melalui 4 medium: SMS, website, P.O. Box dan angket. Untuk SMS sendiri menggunakan 3 nomor premium yaitu melalui sms premium 6288 (Linktone), 9981 (Vivanews), dan 7288 (Surya Citra Media).

Kritik dan Saran 
Sebagaimana ajang penghargaan lainnya yang berdasarkan polling maka transparansi merupakan hal yang utama. Apalagi yang dinilai adalah kefavoritan bukan kualitas semata. Karena itu transparansi menjadi kunci utama agar penghargaan tersebut dapat diterima oleh masyarakat. Apa artinya penghargaan jika masyarakat sendiri menilai penghargaan tersebut tidak bonafid dan valid. Karena itu akan lebih baik jika jumlah pemilih dalam suatu kategori sebaiknya diumumkan saat pengumuman pemenang. Misal : kategori aktor terbaik jumlah pemilih 2 juta yang menjadi terfavorit adalah A dengan 21% pemilih dan hasil detailnya atau jumlah aslinya bisa diakses ke website resmi dari PGA. Karena selama ini saya lihat belum ada transparansi. Kalau validitas mungkin bisa dipertanggungjawabkan karena dilakukan oleh badan tabulator independent tapi masyarakat tetap ingin tahu berapa jumlahnya. Karena saya lihat soal transparansi ini belum ada sampai sekarang.

Untuk pemilihan kategori dan nominasi, penentuan sebaiknya dilakukan oleh tim kecil yang beranggotakan tim dari panitia dan para stake holder pertelevisian seperti TV swasta, tabloid/majalah yang peduli terhadap pertelevisian, jurnalis dan pelaku seni. Dan untuk transparansi sebaiknya tim ini dipublikasikan ke publik  sebelumnya, sehingga publik bisa menilai apakah tim tersebut bonafid apa tidak.

Demikian sekedar urun rembug dari kami semoga penyelenggaraan yang ke 16 kalinya di tahun 2013 bisa terlaksana dengan baik dan sukses tanpa kontroversi apapun. CIAO! 

1 komentar:

  1. Terima kasih atas support semua pihak untuk artikel ini. Artikel telah memenangkan Writing Blog Competition yang diselenggarakan Panasonic Gobel Awards ( twitter : @PGAwards)

    BalasHapus