Jumat, 09 Maret 2012

SOTOJI memang Mak Nyuss

Pertama kali mendengar kata SOTOJI saya masih berpikir keras jenis soto apaan ya.... Usut punya usut ternyata sotoji adalah kepanjangan dari soto jamur instan sampai akhirnya saya dikirimi sampel dari SOTOJI. Bukan hanya satu bahkan tiga bungkus sekaligus.

Begitu melihat bungkusnya yang didominasi warna hijau saja sudah mengisyaratkan produk tersebut merupakan produk yang "GREEN" alias menyehatkan. Ini karena SOTOJI adalah soto jamur lezat yang tinggi kandungan dan protein nabati. SOTOJI sendiri sudah direkomendasi kehalalannya oleh majelis ulama indonesia dan telah ada rekomendasi depkes RI. Jadi mengkonsumsi SOTOJI adalah aman dan halal.
Cover Depan
Bungkus depannya terlihat unik karena disainnya yang berbeda dengan bungkus mi instan lainnya terasa segar dan artistik. Terdapat informasi mengenai berat bersih yaitu 70 gram. Cukup Ideal untuk mengganjal perut yang lapar.

Cover Belakang
Sedang pada bungkus bagian belakangnya terdapat petunjuk cara memasaknya dan informasi nilai gizi dan komposisi. Ternyata Nilai gizi yang terkandung di tiap bungkusnya mengandung protein 3%, Karbohidrat 60%, Lemak 9% atau setara dengan energi total 296 kkal. Sedang bahan2nya terdiri dari Sohun, Jamur Tiram Goreng, Bumbu, Minyak Soto dan Cabe Bubuk.

Sekedar informasi aja Jamur Tiram (Pleurotus ostreatus) aman untuk dikonsumsi dan punya banyak manfaat bagi kesehatan yaitu menurunkan kolesterol, sebagai antibakterial dan antitumor, serta dapat menghasilkan enzim hidrolisis dan enzim oksidasi. Selain itu, jamur tiram juga dapat berguna dalam membunuh nematoda. Di samping itu, jamur tiram juga dipercaya mampu membantu penurunan berat badan karena berserat tinggi dan membantu pencernaan

Karena perut sudah keroncongan dan tak tahan lihat dalamnya akhirnya bungkus dibuka :
Isi Dalamnya
Ternyata dalam satu bungkusnya terdapat 1 pak sohun/bihun, 1 bungkus jamur tiram goreng, 1 bungkus minyak Soto, 1 bungkus bumbu dan 1 bungkus cabe bubuk persis apa yang dikatakan dibungkus luarnya. Penasaran terhadap seperti apa jarum tiram gorengnya akhirnya bungkus pun dibuka :
Jamur Tiram Goreng
Ternyata Jarum Tiram Gorengnya menyerupai usus ayam goreng yang biasa dijual bungkusan itu loh.

Sebelum mulai memasak sedikit mempelajari cara masaknya yang ternyata cukup mudah :

Masak Air
1. Siapkan air dalam panci sebanyak 400cc atau kira-kira 2 gelas lalu rebus hingga mendidih. Karena sudah terburu ingin mencoba maka air dalam panci tersebut hanya saya perkirakan saja tidak sama persis 2 gelas seperti petunjuknya.
Rebus Sohun dan Jamur
2. Ketika air mendidih masukan sohun dan jamur tiram gorengnya ke dalam panci dan  aduk-aduklah selama kurang lebih 2 menit.
Bumbu, Minyak soto, Cabe
3. Sambil menunggu rebusan sohun dan jamurnya, kita siapkan bumbu, minyak soto dan cabe bubuk ke dalam mangkok. setelah itu campur jadi satu.
Siap Santap
4. Ketika rebusan sudah 2 menit lalu masukkan kedalam mangkuk campur dan aduk perlahan2 hingga merata. Akhirnya SOTOJI siap disantap deh..
Habis Deh
Karena tidak sabar, akhirnya kita santap abis deh SOTOJI.... dan akhirnya keluar dari mulut komentar MAK NYUSS...benar-benar terasa sotonya dan aroma jeruk nipis yang menggoda dan jamurnya terasa kenyal dilidah. Walau awalnya masih ada bau sedikit amis saat merebus jamurnya tapi itu tidak berasa ketika kita mencampur dengan bumbu-bumbunya.
Untuk menambah selera bisa kita tambahkan kecap manis dan jeruk nipis lagi biar terasa lebih segar lagi.
sekali lagi MAK NYUSS untuk  SOTOJI. Untung masih ada 2 bungkus lagi.. biar besok disantapnya 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar