Sabtu, 18 Februari 2012

Prospek Kerjasama militer RI - AS


Kemarin pas browsing ke situsnya VOA Indonesia nemu artikel "Kemhan RI dan Dephan AS Gelar Lokakarya Informasi Publik". Topik yang menarik mengingat kerjasama RI - AS dibidang militer sangat fluktuatif sekali. Maksudnya naik turun gitu loh...

Seperti kita tahu kerjasama militer RI - AS sangat bergejolak , kadang terasa akrab sekali tetapi kadang ada sedikit senggolan keras terutama masalah Hak Asasi Manusia di masa lalu. Bahkan AS pernah melakukan embargo suku cadang untuk pemeliharaan pesawat militer Hercules milik Indonesia dan menghentikan pengiriman perwira militer Indonesia untuk belajar ke AS.

Apalagi lokakarya itu sendiri membahas mengenai isu isu politik pertahanan yang aktual saat ini. Sejumlah topik dibicarakan, termasuk bagaimana pemerintah AS dan Indonesia menjawab pertanyaan sensitif, seperti konflik di Papua serta perkembangan teknologi informasi yang kian pesat belakangan ini.

Lokakarya ini sendiri dibuka oleh Wakil Menteri Pertahanan RI, Sjafrie Sjamsoeddin dan dari delegasi AS sendiri diwakili Duta Besar Scot Marciel, Deputi Wakil Menteri Pertahanan AS untuk Bidang Strategi, DR. Daniel Y. Chiu, serta Komandan Korps Marinir Amerika Serikat untuk Pasific, Letnan Jenderal Duane D. Thiessen. Ini menunjukkan bahwa lokakarya ini mempunyai nilai penting dalam kerjasama militer RI - AS. Bahkan Sjafrie Sjafrie Sjamsoeddin sendiri mengaku sudah mengusulkan pada Komandan Korps Marinir AS untuk Pasifik, Duane Thiessen agar lokakarya ini dijadikan program tahunan, dan dapat mengikutsertakan wartawan ke sejumlah lokasi.

Kalau dilihat dari sisi strategis kerjasama ini merupakan peningkatan kerjasama militer antara RI - AS dimana tidak hanya terbatas dalam bidang pelatihan perang dan persenjatan melulu saja tapi juga dalam bidang politik pertahanan yang bersifat strategis semacam ini.

Mari kita harapkan agar kerjasama militer model begini ini bisa terus berlangsung bukan untuk tujuan berperang tetapi untuk menjaga kawasan Asia Pasifik tetap damai dan hidup berdampingan dengan aman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar