Jumat, 11 November 2011

XLangkah Lebih Maju dengan Internet yang Sehat


Tidak bisa dipungkiri lagi , saat ini internet sudah menjadi kebutuhan utama bagi beberapa orang Indonesia. Bahkan bagi saya akan terasa sehari tanpa internet bagaikan sayur kurang garam. Jadi akan terasa ada yang kurang. bahkan saya kalau mau tidurpun harus konek ke internet dulu ngecek status terbaru dari teman2.
Apalagi sejak trend social networking via internet sepertinya mengupdate status, komentar, upload foto semuanya jadi kebutuhan harian asal bukan untuk narsis aja ya.

Jadi internet seperti sebuah realita gaya hidup terutama dikota2 besar. Bahkan anak SD sekarang saja diskusi soal PR disekolahan sama temen2nya juga pakai internet kok. apalagi ini didukung oleh infrastruktur jaringan internet yang makin mudah dan biaya berinternet yang makin murah apalagi didukung oleh operator yang handal seperti XL.

Memang beberapa fasilitas yang ada diinternet makin mempermudah kita dalam beraktivitas baik seperti sosial networking dan silaturahmi (facebook,twitter,foursquare,koprol), komunikasi baik pribadi maupun untuk kerja (chatting, imel) maupun beropini (blog) bahkan untuk bertransaksi bisnis (e-commerce, internet banking).

Jadi dengan internet dapat dikatakan kita XLangkah Lebih Maju asal kita menggunakannya dengan cara yang sehat. Internet sehat adalah cara kita memanfaatkan internet untuk tujuan positif dengan cara yang positif pula. 

Yang pertama harus kita garis bawahi adalah tujuan yang positif, jadi niat awal menggunakan internet harus sudah positif lebih dahulu. Apa itu tujuan positif ? yaitu menggunakan internet untuk hal-hal yang positif misalkan menambah pengetahuan, mencari penghasilan yang halal dari internet, untuk silaturahmi atau berkomunikasi dengan klien, teman dan sahabat.

Kemudian yang kedua yang harus digaris bawahi adalah cara yang positif, jadi kalo tujuan sudah positif tapi caranya negatif maka itu bukan termasuk internet sehat. Apa itu cara yang positif? yaitu memanfaatkan internet dengan menggunakan cara yang tidak bertentangan dengan hukum2 yang berlaku secara nasional dan internasional dan tidak merugikan kepentingan bersama/ orang lain. misalkan: dengan mengirim spam, HOAX, melakukan penipuan, membobol kartu kredit, mengakses situs2 yang negatif, memfitnah, menggunakan aplikasi ilegal dan sebagainya.

Dalam memanfaatkan semua itu tentu kita harus memahami dan mentaati apa yang menjadi aturan baik tertulis maupun tidak tertulis dan kode etik yang berlaku sehingga dalam kita memanfaatkan internet akan selalu membawa manfaat. Semoga Internet membawa kita XLangkah Lebih Maju.

2 komentar:

  1. sippp ... semngat pagi. selangkah lebih maju... ayo berinternet sehat. ditunggu kunjugan baliknya, gan

    BalasHapus
  2. loh komentar saya gak muncul toh

    BalasHapus