Jumat, 18 November 2011

IPTV - Cara baru nonton TV

Apa itu IPTV ? 

Mungkin masih banyak orang bertanya apa itu IPTV. Kalau dari dibaca 2 huruf terakhir jelas menunjukan bahwa hal tersebut berkaitan dengan televisi. IPTV singkatan dari Internet Protocol Television merupakan sistem siaran televisi yang menggunakan melalui jaringan internet. Kalau bahasa gaulnya TV "streaming".
Karena sifatnya yang streaming tentu membutuhkan koneksi internet yang berskala broadband. Karena kualitas siaran banyak tergantung pada kecepatan koneksi internet. Istilah IPTV pertama kali muncul pada tahun 1995 diperkenalkan oleh Judith Estrin dan Bill Carrico.

Keunggulan IPTV?

Keberadaan teknologi Internet Protocol Television atau IPTV diyakini bakal menggeser dan menjadi pesaing baru dalam bisnis televisi berlangganan, khususnya televisi kabel atau satelit. Berbagai macam kelebihan yang ditawarkan IPTV ketimbang TV kabel atau satelit, salah satunya kemampuan untuk merekam atau menghentikan gambar (pause) saat tayangan tersebut disiarkan. Bahkan, tayangan itu bisa diakses secara mobile tanpa harus berada di dalam rumah. Keunggulan lainnya adalah adanya Content on demand artinya kita bisa memilih tayangan yang cocok sesuai tema yg kita sukai serta bisa melakukan interaksi multimedia dengan kecepatan true broadband, yang meliputi layanan game, shopping, advertising, dan lain-lain.

Groovia TV - Pelopor IPTV di Indonesia 


Melihat perkembangan teknologi Internet di Indonesia maka layanan IPTV yang pertama kali diperkenalkan di Indonesia adalah Groovia TV dari Telkom Indonesia dan Telkomvision,. Keunggulan utama Groovia TV tentu saja adalah fitur pause, rewind dan record pada semua tayangan televisi, sehingga penonton bisa mengatur sendiri bagaimana cara mereka menikmati tayangan itu. Selain itu pelanggan Groovia TV juga bisa mengakses layanan seperti TV On Demand, Video On Demand serta Karaoke On Demand.

TV On Demand pada dasarnya adalah rekaman program-program acara televisi selama 48 jam terakhir. Jadi, meskipun anda tidak meminta rekaman acara tertentu, Groovia TV sudah menyimpanya secara otomatis untuk anda.
Video On Demand adalah rekaman film, pertandingan olahraga, musik hingga dokumenter terpilih. Pelanggan juga bisa menyimpan video favorit mereka agar bisa ditonton berulangkali dengan batas maksimal 20 jam.
Sedangkan Karaoke On Demand, bekerja sebagaimana fasilitas pada tempat-tempat karaoke umum. 

Saat ini jangkauan Groovia TV memang masih terbatas di wilayah Jakarta. Namun tahun depan diharapkan layanan ini sudah bisa dinikmati di empat kota besar lain yaitu Bandung, Surabaya, Yogyakarta dan Semarang.

Bahkan saat ini Groovia TV juga menyediakan layanan triple-play artinya selain menikmati siaran dari IPTV pelanggan juga mendapatkan layanan internet serta telepon. Adapun paket yang dijual meliputi mini packs,
combo packs, ultimate pack dengan tarif dan harga yang terjangkau. tertarik mau mencoba IPTV silakan kunjungi Groovia TV untuk lebih jelasnya.

1 komentar: