Selasa, 01 November 2011

Bekerja Sama atau Bekerja Bersama (Sebuah Respon Atas Tulisan Bpk Hasnul Suhaimi)

Tulisan ini merupakan respon dari tulisan Bapak Hasnul Suhaimi didalam blognya. Yaitu menekankan pada Teamwork atau kerja tim dalam menyelesaikan pekerjaan. Beliau juga menyampaikan bahwa dalam bekerja sama tentunya mengharuskan untuk bersama-sama mengerjakan sesuatu pekerjaan. Tetapi, bukan hanya pekerjaannya yang dilakukan bersama-sama, namun di dalam hatinya pun harus bekerja bersama-sama dengan ikhlas. Bekerja dengan setulus hati.

Menurut saya idealnya memang seperti itu yaitu bekerja sama dan bekerja bersama harus bersinergi tetapi pengertiannya akan sangat beda bila judulnya bekerja sama atau bekerja bersama.
 

Bekerja bersama belum tentu bekerja sama artinya kerja sama2 dalam suatu tim tapi masing2 punya visi, misi, tujuan dan target pencapaian yang berbeda. Tempat dan ruangan bekerja boleh sama, bidang pekerjaan boleh sama tapi masing2 dituntut oleh target yang berbeda sehingga walau dalam suatu team dalam suatu proyek pula ketika target individu sudah tercapai dalam tim tersebut maka dia akan lepas tanggung jawab bila temannya / pihak lain terjadi masalah. Padahal masalah tersebut kadang terkait dengan pencapaian yang sudah dia capai terlebih dahulu.

Karena itu dalam kerja sama tersebut diperlukan adanya team leader yang berfungsi mensinkronisasi pekerjaan/masalah dalam tim yang dia pimpin. Ketika suatu pekerjaan yang membutuhkan kerja sama tim tapi tidak ada yang memimpin orkestrasi dalam pekerjaan maka yang terjadi adalah sifat individu yang lebih mementingkan diri sendiri.

Masalah juga terjadi ketika anggota tim merasa tidak puas atas kepemimpinan team leader karena dianggap kurang bijaksana atau ketika team leader mulai dihinggapi rasa pingin menang dengan mengaku2 kerja timnya sebagai kerjaan dia sendiri atau berusaha memborong semua keputusan dalam tim ditangannya alias otoriter.

Apa artinya kerja sama bila anggota tim bekerja bersama tanpa hati, tanpa kekompakan dan tidak bersinergi bersama, maka suatu organisasi/pekerjaan akan mundur.   

Karena itu saya setuju dengan pendapat Bapak Hasnul Suhaimi bahwa Bekerja sama dan bekerja bersama adalah saling terkait bukan Bekerja sama atau bekerja bersama.yang merupakan pilihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar